Info STIKES
Senin, 29 Apr 2024
  • STIKES NGESTI WALUYO DENGAN PRODI S-1 ADMINISTRASI KESEHATAN & PRODI d III KEPERAWATAN

“ GELAR AKSI DONOR DARAH MERAJUT SOLIDARITAS “ Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKES Ngesti Waluyo, Bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Temanggung Tahun 2022

Diterbitkan : - Kategori : Info Terkini

Penulis : Fazarina Indah Dewi Nur Amalya

Kabupaten Temanggung – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKES Ngesti Waluyo gelar aksi donor darah yang di tujukan kepada seluruh warga STIKES Ngesti Waluyo baik Dosen, Karyawan, dan Mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian Action Plan dalam rangka pemenuhan program kerja tahunan dari BEM dan ditujukan sebagai salah satu media demi mewujudkan rasa solidaritas kepada sesama.

Dalam acara ini ada setidaknya sekitar ± 20 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Namun   Setelah melalui tahap awal yaitu cek kesehatan oleh dokter yang bertugas, dengan sangat terpaksa ada beberapa pendaftar yang kecewa. Beberapa pendaftar gagal dan tidak dapat melanjutkan donor darah karena tidak memenuhi kriteria dan persyaratan secara medis. Penyebab gagalnya tersebut antara lain dikarenakan kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi, mengkonsumsi antibiotik dalam kurun waktu satu minggu sebelum donor darah, dan baru melaksanakan vaksin.

Persyaratan dasar untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah adalah pendonor berusia 17 hingga 70 tahun. Berat badan minimal adalah 45 kg dengan tekanan darah sistole di bawah 180 dan diastole di bawah 100, untuk orang dengan tekanan darah yang cenderung tinggi. Sementara, orang dengan tekanan darah rendah, tekanan darah sistole/diastole yang dianggap aman adalah 90/50. Pendonor juga sebaiknya memiliki kadar hemoglobin sekitar 12,5-17 g/dL, dan tidak lebih dari 20 g/dL.Disamping hal di atas telah dipenuhi, syarat lainnya yaitu memiliki tubuh sehat secara jasmani. Hal ini penting mengingat darah pendonor akan masuk ke dalam tubuh seseorang.

“ Saya Sangat Senang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini “ Ujar Regiska, pendonor yang merupakan mahasiswa dari STIKES Ngesti Waluyo. Menurutnya ia akan rutin melakukan donor darah setiap 3 bulan sekali karena donor darah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berbeda dengan Ibu Krisnia, karyawan STIKES Ngesti Waluyo. Ia merasa  kecewa karena gagal melakukan donor darah disebabkan tidak lolos tes medis.

Walau demikian aksi donor darah ini juga mendapatkan apresiasi positif dari pihak PMI kab Temanggung karena walaupun waktu yang tersedia cukup terbatas, tetapi pelaksanaan dan antusiasnya sangat Luar Biasa.

Setelah sekian lama vakum tidak ada kegiatan donor darah, akhirnya kesempatan untuk berbagi rasa dan kemanusiaan di STIKES Ngesti Waluyo, pada :
Hari : Jum’at
Tanggal : 25-11-2022

Bekerjasama dengan PMI Kab. Temanggung, mengadakan kegiatan sosial donor darah, dan bersyukur atas kegiatan tersebut, pada kegiatan tersebut mendapatkan :
Golongan darah A : 6 kolf
Golongan Darah B : 7 kolf
Golongan Darah O : 3 kolf
Golongan Darah AB : 1 kolf


Total : 17 kolf
DB : 16 kolf
TR : 1 kolf
Petugas PMI yang melayani pelayanan di STIKES Ngesti Waluyo

  1. Ita (Aftaper)
  2. Devana (Aftaper)
  3. El Anjar( Hb, Tensi)
  4. Fitri (Admin)
  5. Adhi (Driver)
Artikel ini memiliki

1 Komentar

Minggu, 14 Apr 2024

Wow, incredible weblog structure! How lengthy have you been blogging for?

you make running a blog look easy. The whole glance of your
web site is fantastic, as well as the content!
You can see similar here sklep online

Beri Komentar