Kurikulum DIII Keperawatan

KURIKULUM DIPLOMA 3 KEPERAWATAN STIKES NW

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi. Pendidikan tinggi program Diploma III Keperawatan merupakan Pendidikan tinggi vokasi keperawatan yang menghasilkan lulusan perawat vokasional, memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam bidang keperawatan yang diperoleh melalui berbagai bentuk pengalaman belajar, baik di kelas, laboratorium, klinik dan lapangan, serta dilengkapi dengan sarana dan prasarana pembelajaran yang sesuai dengan standard. Guna mendukung tercapainya lulusan yang unggul, maka Kurikulum prodi D3 Keperawatan STIKES Ngesti Waluyo sebagai salah satu komponen penting selalu dilakukan update sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sesuai dengan kebijakan mutu kurikulum STIKES Ngesti Waluyo, maka kurikulum Diploma 3 Keperawatan tahun 2016 telah dilakukan update melalui kolokium peninjauan kurikulum yang telah dilaksanakan tanggal 14 Agustus 2020. Peninjauan kurikulum dilakukan dengan mengundang pakar kurikulum, asosiasi profesi (PPNI), dosen, mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan. Sehingga tersusunlah kurikulum tahun 2020 prodi Diploma 3 Keperawatan STIKES Ngesti Waluyo. Kurikulum ini dikembangkan berdasarkan tujuan Pendidikan dan capaian pembelajaran lulusan yang diarahkan pada pemenuhan kebutuhan masyarakat dan pembangunan kesehatan di masa datang dengan mengedepankan future skills dan kompetensi generic.

Kurikulum 2020 ini memuat kurikulum inti sebanyak 70% dan kurikulum institusional sebanyak 30% yang dikembangkan berdasarkan visi institusi. Rumusan capaian pembelajaran lulusan dalam kurikulum ini mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020), kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI), asosiasi institusi Pendidikan vokasi Keperawatan Indonesia (AIPViKI) serta visi dan misi institusi. Total sks dalam Kurikulum 2020 ini adalah 113 sks dengan 60% praktik dan 40% teori.  Pembelajaran praktik memiliki komponenyang besar sehingga dapat mencapai lulusan vokasi yang siap kerja. Adapun lahan pembelajaran praktik klinik yang dilaksanakan mulai semester 2 adalah di rumah sakit YAKKUM dan rumah sakit diluar YAKKUM, RSJ Magelang, desa binaan dan kelompok khusus.

Keseluruhan kurikulum dirancang untuk mencapai profil lulusan Prodi Diploma 3 Keperawatan sebagai:

  1. Pelaksana asuhan keperawatan dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia
  2. Pelaku pengembangan diri pada komunitas profesi dan social
  3. Pendidik klien dan keluarga yang menjadi tanggung jawabnya
  4. Pelaksana kepemimpinan dan manajemen keperawatan dalam asuhan keperawatan klien
  5. Anggota pelaksana penelitian bidang keperawatan kesehatan

penulis

Wakil Ketua 1

Monica Kartini, S.Kep.,Ns.,M.Kep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *