Info STIKES
Kamis, 23 Mei 2024
  • STIKES NGESTI WALUYO DENGAN PRODI S-1 ADMINISTRASI KESEHATAN & PRODI d III KEPERAWATAN

Berita PPPTV-PTS 2021

 STIKES Ngesti Waluyo mendapatkan hibah Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi Perguruan Tinggi Swasta (PPPTV-PTS) tahun 2021

Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen DIKSI) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan perhatian khusus kepada pengembangan program pendidikan vokasi (terapan) di Indonesia, salah satunya melalui program Dana Kompetitif Kampus Vokasi untuk PTN dan PTS se-Indonesia.  PPPTV-PTS merupakan program bantuan pengembangan institusi yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja PTS, terutama untuk mendorong peningkatan dan pengembangan inovasi PT di bidang pembelajaran dengan menerapkan kebijakan Kampus Merdeka, sehingga diharapkan secara langsung meningkatkan mutu dan efektivitas pembelajaran.

STIKES Ngesti Waluyo menyambut baik program dari Ditjen DIKSI tersebut dengan mengirimkan proposal PPPTV-PTS pada tanggal 4 Juni 2021.  Oleh karena berkat kemurahan dan kebaikan Tuhan, proposal STIKES Ngesti Waluyo dinyatakan lolos evaluasi administrasi dan substansi dokumen, sehingga kemudian diundang untuk mengikuti evaluasi kelayakan secara daring pada tanggal 8 Juli 2021 bersama dengan 67 PTS lainnya. Setelah menerima masukan dan melakukan perbaikan proposal berdasarkan evaluasi kelayakan tersebut, Langkah berikutnya adalah presentasi dan penetapan penerima bantuan.

Presentasi proposal dan penetapan penerima bantuan dilakukan secara daring pada hari Sabtu, 17 Juli 2021. STIKES Ngesti Waluyo mengajukan dua program pengembangan yaitu program penyetaraan kurikulum dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan program peningkatan skills keperawatan bagi mahasiswa. Pendanaan untuk kedua program tersebut adalah sebesar 482 juta rupiah dari PPPTV-PTS dan 36 juta rupiah dari dana pendamping (institusi). Adapun bentuk bantuan yang telah disetujui oleh Ditjen DIKSI dan akan diterima adalah berupa peralatan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, yaitu berupa peralatan dasar IPA (autoclave), peralatan Kesehatan dasar (venipuncture 2 unit, nursing kid basic, neonate intubation dan infant airway), serta peralatan TIK (all in one PC sebanyak 4 unit).

Melalui bantuan PPPTV-PTS ini diharapkan akan semakin meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan output berupa kelulusan mahasiswa dalam uji kompetensi skills dan uji kompetensi nasional untuk perawat.