Bedah Kurikulum S1 Administrasi Kesehatan
Kurikulum adalah suatu konsep pendidikan yang mengacu pada penerapan atau pelaksanaan kurikulum di lapangan secara efektif dan efisien. Ini adalah serangkaian proses yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan dan sasaran kurikulum tercapai.
Dalam konteks ini, kurikulum yang diterapkan tidak hanya tentang apa yang diajarkan di kelas, tetapi juga bagaimana materi diajarkan, bagaimana penilaian berlangsung, dan bagaimana umpan balik diberikan kepada anak didik disampaikan. Ini mencakup semua aspek pengajaran dan pembelajaran, termasuk metode pengajaran, strategi pembelajaran, dan penilaian dan evaluasi.
Penerapan kurikulum yang efektif memerlukan pemahaman mendalam tentang kurikulum itu sendiri, serta pengetahuan dan keterampilan untuk menerapkannya di kelas maupun di tempat praktik
Penting untuk memastikan bahwa kurikulum bukan sekedar dokumen statis, namun merupakan alat yang dinamis dan responsif yang dapat mendukung pembelajaran dan perkembangan.
Sebagai tenaga pengajar, kita perlu memahami bahwa kita perlu merancang dan menerapkan kurikulum dengan mempertimbangkan kebutuhan pasar tenaga kerja, dan selalu bisa mengikuti perkembangan jaman
- Kurikulum harus mencakup keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan lapangan kerja dan profesi masa depan. Artinya, kurikulum harus mencakup tidak hanya pelatihan keterampilan teknis dan profesional yang sesuai, namun juga konten akademis yang kuat.
- Kurikulum harus fleksibel dan adaptif terhadap perubahan di pasar tenaga kerja. Pasar tenaga kerja terus berubah dan berkembang, dan kurikulum harus dapat beradaptasi dengan perubahan ini. Ini berarti bahwa kurikulum harus secara teratur ditinjau dan diperbarui untuk memastikan bahwa kontennya tetap relevan dan up-to-date.
- Kurikulum harus mencakup peluang untuk belajar berbasis pengalaman, seperti magang atau proyek berbasis lapangan kerja. Ini memberikan anak didik kesempatan untuk menerapkan apa yang mereka pelajari di kelas ke situasi dunia nyata, dan memberi mereka pengalaman praktis yang berharga.
Akhirnya, kurikulum harus dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan pasar kerja.
Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, kita sebagai tenaga pengajar dapat membantu memastikan bahwa kurikulum yang kita ajarkan tidak hanya memberikan pendidikan yang berkualitas, tetapi juga mempersiapkan anak didik kita untuk sukses di pasar tenaga kerja.
Namun, kami juga menyadari bahwa lapangan kerja ini terus berkembang dan berubah. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa kurikulum harus selalu relevan dan terkini dengan kebutuhan lapangan kerja.
Bedah kurikulum Program Studi S1 Administrasi Kesehatan, dilakukan pada tanggal 5 September 2024, bertempat di kampus utama STIKES Bethesda YAKKUM Yogyakarta yang diikuti oleh STAKEHOLDER, DOSEN, ORGANISASI PROFESI DAN CALON PENGGUNA, bertujuan untuk mendapatkan informasi bagaimana peluang kerja, dimana posisi kerja seorang lulusan S1 ADministrasi Kesehatan. Dengan demikian kurikulum yang direncanakan dan yang diberikan kepada mahasiswa dapat mendukung dalam dunia kerja bagi lulusannya.